TAMAN SAFARI

TAMAN SAFARI

WISATA TAMAN SAFARI

Kalau biasanya tempat konservasi terdengar membosankan bagi kalangan umum, tidak demikian dengan Taman Safari Indonesia (TSI). Destinasi yang juga dikenal sebagai Taman Safari Bogor ini justru menjadi objek wisata populer di kawasan Puncak. Sejak dibangun pada tahun 1980, TSI memang tak sekedar melestarikan satwa-satwa langka. Tapi juga mengemas dirinya menjadi destinasi wisata keluarga, edukasi, alam, dan petualangan yang menarik.

Hewan-hewan koleksinya dibiarkan berkeliaran di lingkungan yang dibuat mirip dengan habitat asalnya. Alih-alih menyeramkan, hal inilah yang menjadi tarik tersendiri yang membedakan TSI dari kebun binatang pada umumnya. Pengunjung jadi bisa melihat dan berinteraksi dengan hewan-hewan dari dekat. Sementara itu, para satwa bisa lebih bebas bergerak tanpa terpenjara kandang yang sempit.

Hingga akhir 2017, koleksi satwa TSI sudah mencapai 2.500 lebih. Tak hanya dikumpulkan dari Indonesia saja, tapi juga dari berbagai penjuru dunia. TSI juga memiliki lebih dari 20 wahana permainan dan 9 pertunjukan yang dapat dinikmati para pengunjung. Jadi, jangan khawatir mati gaya kalau berkunjung ke sana.

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di tempat wisata yang berdiri di atas lahan seluas 168 ha ini. Saking banyaknya, mungkin 1 hari aja nggak bakal cukup untuk melakukan semuanya. Nggak percaya? Simak aja daftarnya di bawah ini.

1. Safari Journey

Ini dia daya tarik utama Taman Safari Indonesia. Yakni melakukan perjalanan selama kurang lebih 45 menit ke “alam liar” untuk melihat koleksi satwa langka dari dekat. Buat yang baru pertama kali ke sana, jangan kaget kalau tiba-tiba ada zebra, unta, atau rusa yang tiba-tiba nyebrang jalan atau mendekati mobil kita. Kalau jendela dibuka, kepala mereka bahkan suka masuk ke mobil.

Berinteraksi dengan hewan diperbolehkan selama tidak mengganggu dan membuat kemacetan. Beberapa pengunjung juga sering memberikan makanan seperti wortel atau sayuran meski sebenarnya dilarang di brosur.

Akan tetapi, jangan sekali-kali membuka jendela di kawasan hewan buas seperti singa atau harimau. Apalagi sampai membuka pintu dan keluar dari mobil. Oh iya, untuk berkeliling, kamu bisa memakai mobil pribadi. Tapi kalau tidak punya, TSI menyediakan bus gratis untuk berkeliling. Sedangkan di safari malam, ada kereta mini gratis yang siap menemani.

2. Baby Zoo

Satwa yang dilepas dan bisa dilihat di Safari Journey biasanya sudah dewasa dan siap berpetualang sendiri. Untuk hewan yang masih bayi dan anak-anak, bisa dikunjungi di arena Baby Zoo.

Di sini, kamu bisa berfoto bersama bayi singa, harimau sumatera, orang utan, dan macan. Namun, kamu perlu membayar lagi Rp20.000 untuk sekali foto. Ada juga beberapa spesies burung langka, kanguru, lemur, dan harimau putih yang diperlihatkan.

Selain itu, kamu juga bisa naik gajah dan berjalan-jalan di hutan selama sekitar 1 jam. Satu ekor gajah didampingi seorang pawang dan bisa dinaiki oleh 4 orang dewasa. Ada juga aksi tunggang unta dan kuda poni di sini.

3. Pertunjukan Edukatif

Puas berkeliling melihat hewan, kamu dapat menyaksikan pertunjukan edukatif yang biayanya sudah termasuk harga tiket terusan.

Total ada 9 macam pertunjukan yang digelar satu sampai dua kali dalam sehari di safari siang. Ini dia nama dan jadwal pertunjukan Taman Safari Bogor:

  • Elephant Show: Setiap hari (11.30 & 16.30 WIB)
  • Dolphin Show: Setiap hari (13.00 & 16.30 WIB)
  • Cowboy Show: Setiap hari (14.00 WIB), akhir pekan & hari libur (13.30 & 15.30 WIB)
  • Various Animal Show: Setiap hari (11.30 & 15.00 WIB)
  • Tiger Show: Setiap hari (13.30 & 16.00 WIB)
  • Sea Lion Show: Setiap hari (11.30 & 15.00 WIB)
  • Birds of Prey Show: Setiap hari (14.30 – 16.00 WIB)
  • Safari Theatre: Setiap hari (15.30 WIB), akhir pekan & hari libur (13.30 – 15.30 WIB)
  • Globe of Death: Setiap hari (14.00 – 16.30 WIB)

Kamu bisa menyaksikan kecerdasan hewan-hewan seperti gajah, lumba-lumba, singa, dan singa laut lewat pertunjukan-pertunjukan di atas. Tujuannya adalah memberikan informasi dan pengetahuan untuk menjaga lingkungan dengan cara yang menyenangkan.

Di akhir pertunjukan, kamu dapat mengabadikan hewan dengan hewan-hewan di atas. Namun, ada biaya tambahan sebesar Rp10.000 – Rp25.000 yang harus kamu bayar. Di safari malam pun ada dua jadwal pertunjukan yang digelar setelah Journey. Jadwalnya bisa kamu simak di bawah ini:

  • Various Animal Show: 21.00 WIB
  • Fire Dance: 22.10 WIB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *