PANTAI TEMBOKO LEHI

WISATA PANTAI TEMBOKO LEHI

Berbeda dari kebanyakan, Pantai Temboko Lehi di Sulawesi Utara memiliki air yang bersuhu panas. Bahkan Temboko Lehi disebut merupakan satu-satunya pantai air panas di Indonesia. Pantai Temboko Lehi atau dikenal juga dengan nama Pantai Lehi merupakan salah satu pantai unik yang terletak di Kecamatan Siau Barat, Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Provinsi Sulawesi Utara. Jaraknya sekitar 137 km dari pusat kota Manado.

Pantai ini memiliki air laut yang berwarna biru dan panorama yang cukup indah di sekelilingnya. Yang membuatnya unik adalah air lautnya yang tidak dingin tetapi panas. Pantai Lehi ini ternyata terletak di kaki gunung api Karengetang yang masih aktif.

Karena itulah di sepanjang garis pantai, air akan terasa panas. Bahkan air lautnya pun tidak asin seperti air laut pada umumnya. Sehingga membuat ikan-ikan tidak berani mendekat dan hidup di kawasan perairan Pantai Lehi.

Jika Anda menggali pasir pantainya, Anda bisa melihat uap air laut panas tersebut menyembul ke udara. Disarankan untuk berhati-hati jika anak-anak sedang bermain pasir, karena uap air yang keluar betul-betul panas. Telur mentah pun bisa matang jika dicelupkan ke pantai ini.

Hal itu menandakan jika suhu air sangat panas, sehingga para wisatawan tidak diperbolehkan sembarangan berenang di pantai ini. Jika ingin merasakan hangatnya air laut Pantai Lehi ini, Anda bisa menuju ke sebuah kolam kecil yang ada di sekitar pantai.

Kolam tersebut merupakan bak pemandian yang telah lama digunakan oleh warga setempat untuk keperluan mandi. Jangan khawatir, karena air di kolam tersebut tidak terlalu panas namun cukup hangat.

Selain di kolam pemandian tersebut, Anda juga bisa menikmati hangatnya air laut Pantai Lehi di bagian pantai yang bertebing dan berbatu. Pengunjung di pantai ini masih terbilang sangat sedikit. Hal ini dikarenakan masih cukup minimnya informasi.

Pantai Temboko Lehi ternyata memiliki jarak yang cukup jauh dari Manado yakni 137 kilometer. Jalur laut merupakan satu-satunya rute untuk berkunjung ke pantai ini. Anda dapat menyewa kapal dari pelabuhan Manado untuk menuju Pantai Temboko Lehi. Estimasi waktu perjalanan hingga empat jam lamanya jadi jika bisa anda sudah menuju ke pulau dalam keadaan masih pagi.

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.