Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu adalah sebuah air terjun yang terletak di Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Air terjun ini dikenal sebagai “Grand Canyon” dari Sumba Timur. Air terjun ini merupakan salah satu objek wisata alam yang berjarak sekitar 46 kilometer di sebelah utara Kota Waingapu.

Air terjun ini bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat yang melintasi Desa Mondu dan Kampung Adat Prainatang. Air Terjun Tanggedu memiliki ciri khas berupa relief bebatuannya yang unik.

Di Sumba Timur, Air Terjun Tanggedu adalah salah satu air terjun kebanggaan warga yang enggak boleh kamu lewatkan. Air Terjun ini terletak di Desa Tanggedu, Kecamatan Haharu, berjarak 45 km dari pusat kota Wangaipu, Sumba Timur.

Kecantikan wilayah Air Terjun Tanggedu ini terletak pada tebing-tebing batu yang mengapit aliran air jernih yang berkelok-kelok. Relief-relief tebing yang alami dan unik bisa menjadi latar yang kece saat kamu mengambil foto dari bawah tebing. Belum lagi aliran airnya yang jernih berwana biru kehijauan akan menjadi tambahan spot-spot foto di kawasan air terjun ini.

Berbeda dengan air terjun kebanyakan, Tanggedu mengalir dari ketinggian rendah. Hanya sekitar 8 meter. Namun, kucurannya cukup deras. Kecantikannya tentu kerap menjadi spot foto yang ciamik bagi wisatawan.

Air Terjun Tanggedu mengalir turun ke kolam alami yang seakan mengundang traveler untuk berenang di sana. Karena air terjun ini tak terlalu tinggi, kamu bisa melompat dari atasnya. Apakah kamu berani?. Jangan lupa untuk membawa baju ganti karena tentunya kamu tidak tahan untuk bermain air di Air Terjun Tanggedu. Karena spot ini masih alami, belum ada warung makanan untuk tempat beristirahat. Pastikan kamu membawa bekal makan dan minum yang cukup.

Akses jalanan menuju Air Terjun Tanggedu memang belum begitu baik dan mulus. Kendaraan yang kamu bawa harus diparkirkan di rumah warga Desa Tanggedu. Perjalanan sepanjang 2,5 km pun dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui Mondu dan Kampung Adat Painatang. Meski harus berjalan lumayan jauh, lelahmu akan terbayar dengan keindahan dan keseruan objek wisata Air Terjun Tanggedu ini. Untuk masuk ke dalam, kamu juga cukup membayar tiket seharga Rp 2 ribu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *